Kayabuki Kominka di Fuefuki



oleh F. Agustimahir

Selamat siang!

Sudah lama saya tidak menulis di blog ini.
Kali ini saya akan memperkenalkan sebuah rumah tradisional tua di prefektur Yamanashi.



Rumah ini terletak di desa Kamiashigawa kota Fuefuki. Gaya bangunan seperti ini disebut bangunan Gassho-zukuri. Terdapat juga di daerah lain di Jepang. Letaknya tepat di jalan yang dulunya merupakan jalur utama bagi para pedagang yang menuju ke Tokyo.

Karenanya daerah ini dulu merupakan salah satu tempat persinggahan para pedagang, sehingga saat itu banyak penginapan. Bentuk atap rumah-rumahnya seperti helm samurai kabuto (berbentuk seperti kumbang tanduk rusa) maka desa ini mendapat julukan Kabuto no Mura atau desa Kabuto.



Khusus untuk rumah yang ini, terakhir diperbaiki 6 tahun yang lalu. Umurnya sekitar 300 tahun. Salah satu daya tarik rumah ini adalah bahan atapnya yang terbuat dari tumbuhan kaya, sejenis ilalang. Sehingga atap tersebut perlu diganti setiap beberapa tahun.



Rumah ini terdiri dari satu lantai dan satu loteng, di lantai dasar kita bisa melihat perapian tradisional Jepang yang biasa ada di film-film. Selain itu, beberapa perkakas antik pun ada di dalamnya. Misalnya, keranjang anyaman dan sepatu salju ini.





Di loteng terdapat beberapa perkakas lainnya. Meski ruangannya cukup luas, namun karena terbatas oleh bentuk atapnya, fungsinya lebih terlihat seperti gudang.





Di samping rumah ini ada tempat penggilingan tenaga kincir air. Warga setempat masih suka menggunakan penggilingan tersebut.



Bagi yang ingin berkunjung ke sini perlu menggunakan mobil pribadi karena tidak ada angkutan umum.

Ini tempatnya. Bisa dikunjungi dari jam 10 pagi hingga jam 5 sore. Libur setiap hari Selasa.



259 Kamiashigawa Ashigawa Fuefuki Yamanashi

Sampai jumpa lagi di catatan berikutnya ya.
























Instagram