Kuil Kai Zenkoji

Oleh Yuri Yuhara





'Zenkoji' adalah nama untuk dua kuil berbeda di Jepang: yang pertama adalah Shinano Zenkoji di Prefektur Nagano, dan yang kedua adalah Kai Zenkoji, bertempat di kota Kofu, Prefektur Yamanashi.

Kai Zenkoji didirikan oleh Takeda Shingen, salah satu sosok sejarah paling terkenal di Jepang, untuk mengadakan beberapa kegiatan keagamaan dan kesenian yang ditujukan untuk Shinano Zenkoji. Saat itu Takeda Shingen merasa khawatir jika Shinano Zenkoji hancur di tengah pertempuran Kawanakajima dan memindahkan seluruh pusaka Budha termasuk patung utama ke Kai.



Aula utama kuil tingginya 27m dan panjangnya 59m, yang terbesar di wilayah ini dan ditetapkan sebagai Cagar Budaya Utama nasional. Disamping dari keindahan arsitekturnya, banyak pusaka keagamaan Budha dari klan Tokugawa, yang pernah memimpin Jepang setelah zaman Sengoku, disimpan di sini.



Salah satu daya tarik utama adalah lukisan naga di atap aula utama. Dengan berdiri di tengah aula dan menepukkan tangan, pengunjung bisa mendengar suara yang konon katanya mirip dengan raungan naga.

Pengunjung juga bisa untuk mengikuti Kaidan meguri (戒壇廻り), yang bertempat di ruangan gelap di bagian belakang kuil. Rute kaidan meguri berbentuk huruf Cina '心', yang berarti dengar, ruh. Tujuan utamanya adalah mencari kunci yang ditempelkan di tembok, yang dipercaya terhubung dengan Buddha Amitabha.






Kai Zenkoji
400-0806 3-36-1 Zenkoji, Kofu City




  

Instagram