Kunjungan ke Syariah Hotel Fujisan

oleh Fadly Agustimahir



    Beberapa minggu yang lalu, timeline facebook saya ramai oleh informasi tentang hotel shariah di Jepang. Saya pribadi mempertanyakan kenapa pakai nama 'Hotel Syariah'. Apakah karena tidak menyediakan alkohol dan babi lalu menjadi 'Hotel Syariah'? Atau apakah lembaga keislaman setempat memeriksa operasional hotel dan memberikan sertifikat 'syariah' atau halal?

   Pada 7 Oktober 2016, saya beserta rekan kantor mengunjungi Syariah Hotel Fujisan yang bertempat di kota Fujikawaguchiko, prefektur Yamanashi. Di bawah ini adalah informasi hotel dan pendapat pribadi setelah bertemu dan berbicara langsung dengan pemilik hotel, bapak Shigeru Yamashita.

   Hotel yang didirikan pada bulan Juli tahun 2016 ditujukan bagi para wisatawan muslim yang meningkat setiap tahun di Jepang, khususnya di gunung Fuji. Sayangnya, setelah hotel ini didirikan hingga hari kunjungan tersebut, tidak ada wisatawan yang menginap. Pernah ada rombongan dari Indonesia untuk makan siang, itupun hanya sekali.

  Hotel ini lebih tepat disebut hostel yang disediakan untuk para backpacker yang akan berwisata di sekitar danau Fujikawaguchi dan Gunung Fuji. Bangunan hotel ini terdiri dari 2 tingkat dengan 8 kamar. Tiap kamar bisa diisi oleh 2 orang, ada penunjuk arah kiblat di setiap ruangan kamar, tapi tidak ada kamar mandinya. Tersedia kamar mandi, dapur, mesin cuci yang bisa digunakan bersama oleh para wisatawan.


  Mushola ada di lantai dua, dan tempat untuk wudhu tersedia di setiap lantai. Makanan dan minuman yang disediakan di hotel ini adalah makanan impor dan buatan Jepang yang bersertifikat halal serta bahan makanan / minuman yang bisa diminum oleh wisatawan muslim. Harga untuk menginap, makan malam, dan makan pagi terpisah.


  Saat ini hotel ini tidak memiliki sertifikat halal bagi penyediaan makanan ataupun operasionalnya tapi yang paling saya hargai adalah niatan baik dari sang pemilik dalam mempersiapkan fasilitas yang ramah muslim di Jepang. Beliau pun bekerjasama dengan komunitas muslim di Fujikawaguchiko untuk mempersiapkan hotel ini serta melakukan promosi kepada pengelola fasilitas wisata lainnya dalam mempersiapakan kondisi yang ramah muslim.
  Bagi yang berminat untuk berkunjung ke hotel ini, silahkan lihat url berikut.
http://fuji-bb.jp/syariah/

Instagram