Hotel Tertua di Dunia: Keiunkan


Oleh F. Agustimahir
artikel ini telah diunggah di situs Yamanashi-kankou


Buku catatan rekor dunia Guinness mencantumkan Keiunkan, sebuah hotel sekaligus pemandian air panas di kota Hayakawa, prefektur Yamanashi sebagai hotel tertua di dunia. Tercatat, hotel ini mulai beroperasi sejak tahun 705. Hanya sekitar 3 tahun sebelum uang koin buatan pemerintah Jepang beredar untuk pertama kalinya.

Sebagaimana layaknya di daerah lain, barter digunakan untuk transaksi sebelum uang hadir. Saat itu beras, garam, kain, dan berbagai komoditas lainnya digunakan sebagai uang. Termasuk yang terjadi di Keiunkan. Para tamu lazim membayar sewa kamar ataupun pemandian air panas dengan komoditas tersebut di atas.


Saat ini jalan tempat Keiunkan berada mungkin tergolong sebagai jalan yang sepi dan kecil. Namun, dahulu jalanan tersebut adalah salah satu jalan utama yang ada. Ditambah dengan moda transportasi yang tersedia, bermalam di perjalanan adalah hal yang lumrah. Letaknya yang strategis serta sumber mata air panas yang dimiliki menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki Keiunkan.

Ada lagi cerita menarik dari Keiunkan. Konon katanya pemandian air panas ini adalah salah satu kegemaran dari dua orang tokoh Jepang yang saat itu bersaing untuk menjadi penguasa. Takeda Shingen dan Tokugawa Ieyasu.



Lain dulu lain sekarang. Saat ini kota Hayakawa adalah salah satu kota dengan penduduk paling sedikit dengan luas wilayah paling besar di Jepang. Suasana yang tenang dan keindahan alam di sekitar Keiunkan adalah salah satu pilihan terbaik untuk beristirahat bagi para wisatawan yang memiliki jadwal padat menyusuri rute wisata emas dari Tokyo hingga Kyoto atau sebaliknya.

Keiunkan saat ini dipimpin oleh generasi ke-53. Menariknya, keberlangsungan hotel ini tidak dipegang oleh keluarga yang sama sejak generasi pertama. Namun, selalu disesuaikan dengan keadaan saat tongkat kepemimpinan itu diserahkan. Yang saat ini menjadi generasi ke-53 pun dulunya adalah karyawan di hotel ini. Beliau yang dipilih oleh untuk menjadi penjaga kelangsungan Keiunkan.


Di sini terdapat 6 pemandian air panas bagi para pengunjung hotel. 2 pemandian untuk pengunjung pria, 2 pemandian untuk pengunjung wanita. Keempat pemandian ini dalam beberapa jam sekali ditukar peruntukannya.



 Sedangkan yang 2 pemandian sisanya adalah pemandian yang bisa dipesan secara terbatas, 30 menit saja. Dalam jangka waktu itu, para pengunjung bisa menggunakannya secara pribadi tanpa perlu risih dengan kehadiran orang lain. Sebagai catatan, salah satu aturan pemandian air panas di Jepang adalah berendam tanpa sehelai baju pun. Oleh karena itu, 2 pemandian ini sangat cocok bagi para pengunjung yang tidak nyaman berendam tanpa berbusana di depan orang lain.



Jika anda menyewa kamar VIP, kamar ini dilengkapi dengan onsen pribadi di dalamnya. Onsen pribadi ini terletak di balkon kamar yang menghadap ke arah sungai dengan pegunungan seberangnya. Kamarnya luas dan nyaman. Ada dua kamar VIP yang tersedia di hotel ini.


Beruntung, saat menginap di sana saya mendapatkan kamar ini, dan saya pun tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk berendam sambil menikmati pemandangan dan gemericik air sungai. Setelah membersihkan diri, saya pun langsung berendam. Awalnya saya kaget karena suhunya yang cukup panas bagi saya, namun akhirnya terbiasa. Suasana yang nyaman dan tenang hampir membuat saya tertidur saat berendam.

Berbicara tentang air panas, ada cerita menarik tentang air panas di sini. Kurang lebih 10 tahun yang lalu pengelola generasi ke-52 dan ke-53 memutuskan untuk menggali sumber air panas baru. Dengan mengandalkan firasat, pengelola generasi ke-52 menentukan tempat yang akan digali.



Penggalian pun dimulai. Sumur tersebut ternyata langsung mengeluarkan air panas di percobaan pertama. Air panas mulai muncul di kedalaman 750an meter. Namun, pengelola meminta supaya penggalian tetap dilanjutkan hingga kedalaman 888 meter. Saat ini air panas tersebut mengalir dengan suhu 53 derajat celcius dan debit air 2 ton/detik!

Dalam menjaga tradisi Jepang, Keiunkan tetap mempertahankan gaya ryokan, alias penginapan tradisional Jepang. Yang tetap kukuh dengan kamar beralaskan tatami, yukata bagi para tamu, dan tidur beralaskan futon.


Meski saat ini tamu utama adalah warga Jepang, ada keinginan untuk mendatangan lebih banyak wisatawan asing. Bahkan pihak pengelola telah memiliki futon khusus dengan ukuran besar bagi para tamu yang memiliki tinggi badan di atas tinggi rata-rata warga Jepang.



Soal hidangan, rasa yang disajikan tidak perlu diragukan lagi. Makanan yang disediakan sangat lezat dan cantik dipandang. Salah satu hidangan yang menarik mata saya adalah talas kukus yang dibentuk menyerupai kerikil sungai dengan ikan kecil di atasnya sebagai hidangan pembuka. Diiringi dengan awabi saus wasabi, asinan gobou dan banyak hidangan lain yang rasanya sayang jika dilewatkan.


Untuk hidangan utama, ada daging sapi koshu yang dipanggang di atas batu lava gunung Fuji. Satu porsi terdiri dari 4 potong daging sapi yang diiris tebal diiringi dengan potongan bawang daun, wortel, shishito, dan shiitake. Sang pelayan memberitahu kami untuk menaruh semua sayur terlebih dahulu sebelum dagingnya. Setelah minyak atau cairan dari sayur mulai keluar dan membasahi batu lava, maka itu adalah saat yang tepat untuk menaruh daging dan memanggangnya sesuai selera masing-masing.



Namun, yang patut menjadi catatan bagi para pengunjung muslim adalah kesanggupan Keiunkan dalam memenuhi kebutuhan hidangan halal. Mengingat keterbatasan pengelola, saat ini pihak pengelola belum bisa menyediakan hidangan yang betul-betul sesuai dengan ketentuan halal. Jadi pastikan anda menyampaikan pada pihak pengelola sejauh mana hidangan yang bisa anda santap sesuai dengan keyakinan anda.

Dengan segala kelebihan dan kenyamanan yang ditawarkan Keiunkan, tidak ada salahnya untuk menjadikan Keiunkan sebagai salah satu tujuan wisata anda saat berkunjung ke Yamanashi.


1 comment:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^cc
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.biz...^_~3:23 PM 15-Sep-20
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete

Instagram